Rabu, 22 Februari 2012

Ho Chi Minh City , Vietnam (2011)

Hallo My Lovely Blog, Gomennasai sudah sekian lama tidak menyentuhmu :p, kali ini cuma mau post pengalaman travelling tahun lalu. alhamdulillah kali ini saya ditemani sahabat aneh saya @reisme :p. Nice Travelling, lumayan ya je ngilangin suntuk kerja jadi buruh orang :D. here the resume :


Alhamdulillah tahun ini Allah mengizinkan saya untuk menginjakkan Tanah VietNam :)

KEBERANGKATAN


Cuma bawa barang segini, untuk menghemat biaya backpacker so we don't have to buy baggage ;-)

PENGINAPAN


Nama penginapan tempat saya menginap "Time Door Hotel" daerah Ben Thanh Market , dekat kemana-mana


kenapa bule jd kaya mendadak di vietnam? karna emang disini tuh MURAH!! kamar yg lumayan seperti ini cuma USD 18/ malam, :D


Hotel kecil kek gini aja udah ada kamera CCTV dimana-mana + Lift walau cuma 4 lantai doang


Di depan hotel tempat saya menginap "Time Door Hotel"


House Keeper Hotel Namanya I-Thong , resepsionis-resepsionis vietnam juga menggunakan baju khas mereka di saat bekerja


REUNIFICATION PELACE


Reunification Pelace - Saigon - Vietnam


Di depan istana masih terdapat beberapa tangki bekas perang vietnam - USA


Gimana juga salut buat rakyat vietnam dlm merebut kemerdekaannya, yang pasti lebih salut buat rakyat INDONESIA juga.."kemerdekaan adalah hak segala bangsa"


Waktu saya berjungkung kebetulan ada rombongan sekolah yang sedang berwisata sejarah juga, they are so funny ^_^


Paman Ho Chi Minh, seorang tokoh revolusi dan negarawan vietnam kemudian jd perdana mentri (1954) dan presiden vietnam utara (1954-1969)


Jujur tidak banyak org vietnam yg bisa berbahasa inggris dgn lancar, tp tour guide yg satu ini bener2 fasih menjelaskan sejarah vietnam ke pasangan bule asal australia ini..good job mr


Salah satu lukisan di istana ini, yang menggambarkan kondisi wilayah vietnam, termasuk salah satu sektor penghasilannya di bidang agriculture


Walaupun org indonesia bilang "Ada apa di vietnam??" dan nyatanya saya melihat bule ada dimana-mana..,


Bangkai helikopter sisa perang amerika-vietnam...masih dirwat & di museumkan di istana ini


WAR REMNANTS MUSEUM


Oke guys..tujuan saya selanjutnya "War Remnats Museum" --> tempat gallery foto2 perang vietnam yg memilukan yg di ambil oleh jurnalis2 dari beberapa negara


Salah satu kendaraan perang yang masih terawat di museum ini bekas perang vietnam - amerika


Saya tidak tau persis..yg jelas foto ini sangat terkenal..bahkan saya pernah searching di situs pencarian dgn query "vietnam" gambar ini langsung muncul, penduduk lokal yg di tembak dari radius yg sgt dekat


Kenapa perang ini disebut KEJAM, karena teknik membunuh pun tidak hanya dengan BOM tapi dengan beberapa teknik yg sadis & tidak manusiawi.., seperti gambar berikut..menyiramkan air keras ke muka korbannya


Seorang gadis kecil yg menangis di depan rumahnya yg di bakar oleh tentara amerika


Di vietnam memang masih banyak anak2 yg terlahir cacat, org2 ini kebanyakan berada di daerah "da nang" pertengahan vietnam utara - selatan, disini mereka membuat kerajinan khas vietnam lalu di jual di atas harga normal u/ menghidupi keluarga mereka


Replica2 disini kadang di desain persis menyerupai org aslinya


Saya sempat kaget melihat replica ini, benar mirip dengan org asli yg sedang di rantai dan penjara.., beginilah salah satu teknik penyiksaan pada zaman itu


teknik ini adalah membunuh org dengan cara di tusuk mulut sampai mati tidak berdaya


Setelah tawanan mati, maka mayatnya di masukkan ke dalam peti kawat seperti ini


HANG OUT


Karna saya muslim..saya lebih prefer memilih menu yg kelihatan bentuknya seperti ikan/ayam..then say bismillah aja :p


Salah satu taman kota ho chi minh city


beginilah pemandangan kota saigon..para pedagang menjajakan dagangannya dengan cara dipikul..*Di indonesia juga seperti ini kan ya, cuma ga ada topi khas seperti ini aja


Gereja katedral ho chi minh city


Pose dulu deh.. *Maap ya kalau mengganggu mata :p


REX HOTEL ..mungkin dari bentuk hotel ini biasa saja..tapi saya sempat tdk percaya hotel ini bertarif 1juta/ malam..yah sebandinglah dgn nilai sejarahnya..dulu hotel ini adalah tempat menginap para jurnalis seluruh dunia waktu perang vietnam


Patung Paman Ho Chi Minh, dibuat untuk menghargai jasa-jasa beliau atas kemerdekaan vietnam, beliau terkenal dengan sebuatan Bac Ho (Paman Ho)


Teater Munisipal Saigon


Berfoto di salah satu masjid di pusat kota saigon.., suku islam asli vietnam bernama "Suku Ceng Pa"


Salah satu restoran Halal di saigon bernama Saigon Halal


Beginilah bentuk taxi2 di vietnam sejenis kijang githu.., dan kebanyakan pake tawar-menawar dulu..karna jarang yg pakai argo...dari bandara ke pusat kota sekitar $7 ..dan "Vinasun" salah satu taxi yg recommended


Vietnam terkenal juga dengan motor yang meraja lela :D, yah samalah 11-12 seperti indonesia di tambah dengan harga motor yang sangat terjangkau karna tidak di kenakan pajak,, makin merajalelalah motor :D


Walaupun islam adalah salah satu agama minoritas di vietnam tapi buktinya saya masih sempat melihat beberapa masjid saat perjalanan pulang ke bandara


Agama mayoritas di vietnam yaitu : Budha Mayapada

SAIGON CENTRAL POST OFFICE


Saigon post office


Miniatur wanita vietnam dengan pakaian nasionalnya, bisa di jadikan alternative untuk oleh2 dari vietnam lebih kurang harganya $ 9

KITA KAFE SAIGON


Saya pecinta kopi..(Semenjak kerja) walaupun ga' semaniak bos saya :p, tapi dari awal saya baca ulasan kopi vietnam di yahoo jalan-jalan saya sudah penasaran nyobaik kopi disini

BENH THAN MARKET


Ada beberapa jenis buah yg saya tidak tau itu namanya apa


Penampakan lalu-lintas di kota vietnam tepatnya di depan daerah benh than market, ya lebih kurang sama sajalah seperti indonesia :p


Kerajinan khas vietnam yang di jual di pasar ini

KEPULANGAN


Than Sonh Nath International Airport Vietnam


Semoga bisa kembali melakukan perjalanan dan mengenal dunia luar :), Amin


Bersiap penerbangan berikutnya Vietnam - Singapore


Gak salah deh tampang gw kucel begini.., mohon maaf kalau wajah backpacker kecapean kadang emang urang enak di pandang :D *Kacau

Sekian dulu yah postingannya, ntar kalau ada mood & cerita baru lanjut lagi :p

1 komentar:

Ehmard mengatakan...

okay kemana kita selanjutnya?